Assalamu'alakum Wr. Wb.

Rabu, 15 Oktober 2014

Listrik untuk kehidupan yang lebih baik

     Pada kesempatan kali ini saya sebagai mahasiswa ingin mengemukakan pendapat dan ide dalam rangka memperingati perayaan "Hari Listrik Nasional ke-69". Sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih kepada blog yang telah berkenan mengadakan lomba guna meningkatkan kreativitas dan bakat menulis kami.

 Apa itu Hari Listrik Nasional ???

     Sekadar membahas sejarah singkat yang saya kutip dari wikipedia bahwa
Ketenagalistrikan di Indonesia dimulai pada akhir abad ke-19, ketika beberapa perusahaan Belanda mendirikan pembangkitan tenaga listrik untuk keperluan sendiri. Pengusahaan tenaga listrik untuk kepentingan umum dimulai sejak perusahaan swasta Belanda NV. NIGM memperluas usahanya di bidang tenaga listrik, yang semula hanya bergerak di bidang gas. Kemudian meluas dengan berdirinya perusahaan swasta lainnya. Perusahaan Listrik Negara (disingkat PLN) adalah sebuah BUMN yang mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada di Indonesia. Direktur Utamanya adalah Nur Pamudji, menggantikan Dahlan Iskan Dirut sebelumnya yg dilantik menjadi menteri BUMN.
Maka dari itu, Hari Listrik Nasional ditetapkan pada tanggal 27 Oktober.


     Listrik adalah kebutuhan yang sangat vital bagi kehidupan sehari-hari kita. Dan bahkan hampir semua aktivitas kita berhubungan dengan listrik, misalnya untuk kegiatan pendidikan, perkantoran, komunikasi, industri dan sebagainya. Listrik sebagai sumber energi terutama untuk alat elektronik (kulkas, laptop,tv, ac, kipas angin dan lain-lain). 
Sebuah penghargaan yang diberikan kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai pendatang baru yang masuk pada urutan ke 477 perusahaan terbesar di seluruh dunia dalam kategori 'Fortune Global 500' di tahun ini. Hal tersebut menunjukkan bahwa kinerja dari PLN sudah baik dan patut untuk dipertahankan. 
     Namun di sisi lain PLN perlu untuk memperbaiki dan mengatasi masalah-masalah yang sering terjadi. Banyak masyarakat yang mengeluh ketika listrik sering mati di daerah-daerah tertentu atau biasa disebut pemadaman bergilir. Hal tersebut harus segera dibenahi dan direspon cepat oleh PLN. Misalnya ketika ada pohon yang tumbang maupun akan terjadi pemadaman bergilir (Pihak PLN segera memberitahu masyarakat sekitar agar warga nantinya dapat mempersiapkannya).
     Inovasi yang diberikan kepada PLN dirasa banyak manfaatnya. Seperti Listrik Pintar, masyarakat dapat dengan mudah mengendalikan pemakaian listrik melalui meter prabayar untuk mengetahui sisa pemakaian kwh terakhir. Selain itu juga jumlah pulsa listrik atau token yang terjangkau. Bukan sampai disini saja, PLN juga memudahkan penggguna listrik pintar dalam melakukan penambahan pulsa listrik sehingga pelanggan tidak perlu repot memasukkan nomor token ke dalam meteran listrik. Saya berharap kepada PLN agar teknologi terbaru yang telah dirilis dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. Karena hanya kalangan tertentu saja saat ini yang bisa merasakan inovasi-inovasi di atas.
     "5M" harapan saya untuk PLN-Ku ...
  1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  2. Mensosialisasikan kegunaan listrik pintar
  3. Meningkatkan penggunaan energi terbarukan
  4. Mendistribusikan jangkauan listrik lebih luas
  5. Memperbaiki kualitas pelayanan kerja PLN
Di usia ke-69 ini semoga PLN menjadi perusahaan yang dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pelangggannya sehingga dapat semakin bersinar dan menyinari negeri ini tanpa pernah padam demi Indonesia tercinta. Sukses !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar